|HOME | EVENT | FORUM | CONTACT US |

Sunday, 23 November 2014

 
 
» About Us
» Portofolio
» Organization Structure
» Development Lab
» Computing Center
» Event
» News
» Forum
» Contact Us
 
» Registration
» Courses & Workshops Fees
» Obligation Rules
» Schedules
» GraduationAnnouncement
» E - Brochures

 

 

 

Portfolio

LePKom dalam meningkatkan mutu secara terarah, signifikan dan berkesinambungan, melakukan kerjasama dengan pranata lain, baik pendidikan maupun nonpendidikan. Diantara kerjasama-kerjasama yang ada terdapat beberapa kerjasama dimana LePKom turut andil atau berperan untuk menjalankan kerjasama tersebut, dan tentunya sesuai dengan bidang di LePKom yaitu teknologi komputer dan informasi.

Kerjasama-kerjasama tersebut antara lain :

1. IBM Indonesia

Kerjasama dengan PT IBM dimulai pada tahun 1997 untuk pemanfaatan piranti lunak seperti Lotus Notes, Universal DB2, Visual Age for Java dan Websphere

2. Oracle Indonesia

Kerjasama dengan Oracle Indonesia dalam bentuk Oracle Academic Initiative (OAI) dimulai pada bulan Mei Tahun 2001 untuk pemanfaatan piranti lunak Oracle guna mendukung materi perkuliahan dan praktikum guna mempersiapkan tenaga yang siap menggunakanteknologi ini. Dalam mensosialisasikan kerjasama ini maka pada tanggal 23 Oktober 2001 telah diselenggarakan seminar sehari dengan tema “ Oracle Core Technology and Applications Overview”. Seminar ini dilaksanakan di Universitas Gunadarma, Jl. Margonda Raya 100 Depok. Kerjasama ini dilanjutkan dalam bentuk pelatihan bersertifikasi International yaitu dalam ORACLE WORKFORCE DEVELOPMENT PROGRAM(OWDP) pada tahun 2004. OWDP adalah sebuah program yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga profesional di bidang Teknologi Informasi dalam lingkup pekerjaan yang berkaitan dengan Sistem Database berbasis Oracle. OWDP merupakan pelatihan resmi dengan kurikulum yang sepenuhnya mengacu pada Oracle University.

Melalui kerjasama ini maka LePKom saat ini menyelenggarakan pelatihan Oracle bersertifikasi International.UG sampai saat ini (11 januari 2006) telah memiliki lima orang pengajar yang telah bersertifikasi International.

3. Microsoft Indonesia

LePKom bergabung dengan program kerjasama yang disebut Microsoft Developer Network Academic Alliance (MSDN AA). MSDN AA adalah suatu program kerjasama di mana dalam masa kerjasama ini, Microsoft berkomitmen untuk selalu mengupdate software-software terbaru dari Microsoft. Program ini akan membantu para dosen dan mahasiswa dalam memperlajari teknologi terbaru Microsoft secara kontinu,efisien dan berlisensi legal. Program kerjasama ini dilengkapi pula dengan web site http://www.msdnaa.comdimana dari web site ini para mahasiswa dan dosen akan dapat mendownload artikel-artikel teknik, dokumentasi yang lebih detail, contoh-contoh pembuatan program, dengan maksud untuk mambantu mahasiswa dalam mempercepat proses pembelajaran.

4. Bank Indonesia (BI)

Kerjasama dengan Bank Indonesia merupakan pemberian Pelatihan di bidang Teknologi Sistem Informasi Perbankan. Kerjasama ini dimulai sejak tahun 1999 dan telah menghasilkan beberapa kerjasama, yaitu :

Pelatihan Pemeriksaan TSI Perbankan Tingkat Dasar

Pelatihan ini terdiri dari dua gelombang yaitu gelombang pertama pada tanggal 8 – 22 Mei 2000 ; gelombang kedua pada tanggal 18-29 Juni 2001 dan gelombang ketiga bulan Mei 2003, dan pelaksanaannya di Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya 100 Depok.

Materi pelatihan ini meliputi : Sistem operasi, Mini Computer (AS/400 dan RISC/6000) , Micro Computer, Database, Networking, Internet Banking, ATM, Banking System, dan CAATs.

Pelatihan Pemeriksaan TSI Perbankan Tingkat Lanjut

Pelatihan ini merupakan pelatihan lanjutan dari pelatihan TSI Perbankan Tingkat Dasar.Dilaksanakan di Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya 100 Depok pada tanggal 22 April – 5 Juni 2002.

Materi pelatihan tingkat lanjut ini meliputi AS/400, RISC/6000, Novell Netware, Banking System, ATM dan CAATs.

Pelatihan Foxpro Tingkat Lanjut dan Windows NT

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Meisampai dengan 01 Juni 2001 diUniversitas Gunadarma Jl. Margonda Raya 100 DepokMateri pelatihan Windows NT meliputipengenalan sistem jaringan, pengenalan Windows NT Server 4.0, Instalasi Windows NT Server, Dasar-dasar Winddows NT Workstation, Dasar-dasar Windows NT Server dan Administrasi Sistem. Sedangkan untuk materi pelatihan Foxpro tingkat lanjut meliputi : pemrograman Foxpro 2.6 di dalam Local Area Network dan pemrograman foxpro 2.6 dengan fungsi tambahan.

5. Konggres Wanita Indonesia (KOWANI)

Kerjasama dengan Kongres Wanita Indonesia berupa Pelatihan Pengenalan Komputer dan Internet Praktis.Pelatihan ini dilaksanakan dua gelombang yaitu gelombang pertama pada tanggal 27-28 April 2001 dan gelombang kedua pada tanggal 18-19 Oktober 2001. Dilaksanakan di Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya 100 Depok

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengenalan komputer dan internet kepada para anggota KOWANI. Materi pelatihan meliputi pengenalan komputer, pengenalan internet dan layanan-layanan dalam internet seperti browsing, search engine dan Electronic Mail (E-mail).

6. IECI (Indonesian Society on Electrical, Electronics, Communication and Information)

Kerjasama dengan IECI berupa menyelenggarakan seminar internasional yang disebut dengan “International Conference on Electrical, Electronics, Communication and Information 2001 (CECI 2001)”. Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 7-8 Maret 2001, bertempat di BPPT Jl. MH. Thamrin Jakarta. Pengurus dari IECI terdiri dari antara lain staff BPPT, UI, ITB, ITS dan Universitas Gunadarna. Beberapa staff UG merupakan pengurus IECI, salah satunya adalah Ratih Dewanti.

7. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

Kerjasama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dimulai sejak tahun 1997. Kerjasama ini berupa pemberian pelatihan di bidang teknologi komputer dan informasi.

  • Raimuna Nasional VII
  • Raimuna Nasional VII diadakan pada tanggal 1 – 10 Juli 1997 di Bumi Perkemahan Ibu Tien Soeharto, Cibubur, Jakarta.
  • Pertemuan Pramuka Luar Biasa Tingkat Nasional
  • Pertemuan Pramuka Luar Biasa Tingkat Nasional di diselenggarakan pada tanggal 6 – 12 Juli 2002 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberi pelatihan pengenalan komputer kepada para anggota pramuka.

8. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI)

Kerjasama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) di mulai sejak tahun 1996 dan telah menghasilkan beberapa kegiatan yaitu :

Bob Hasan Invitational Meet

Bob Hasan Invitational Meet atau IAAF Permit Meet diadakan pada tanggal 4 Mei 1996 di Stadion Senayan Jakarta. Pembuatan Sistem Informasi Hasil Pertandingan cabang Atletik.

Pekan Olahraga Nasional XIV (PON)

PON XIV diadakan pada tanggal 9 –12 September 1996 di Jakarta. Kerja sama ini berupa Pembuatan Sistem Informasi Hasil Pertandingan cabang Atletik.

Bob Hasan Invitational Meet

Bob Hasan Invitational Meet atau IAAF Permit Meet diadakan pada tanggal 20 September 1997 di Stadion Senayan Jakarta. Pembuatan Sistem Informasi Hasil Pertandingan cabang Atletik.

Kejurnas Atletik Yunior dan Grand Prix Indonesia I

Kejurnas Atletik Yunior dan Grand Prix Indonesia I diadakan pada tanggal 18 November 2000. Pembuatan Sistem Informasi Hasil Pertandingan cabang Atletik.

The 13th ASIAN ATHLETIC CHAMPIONSHIPS

Kejuaraan ini diadakan pada tanggal 28 – 31 Agustus 2000. Pembuatan Sistem Informasi Hasil Pertandingan dan pembangunan web.

9. Persatuan Senam Indonesia (PERSANI)

Kerjasama dengan PERSANI berupa pelaksana Program Komputer pada Kejuaraan Nasional Senam Yunior yang diadakan pada tanggal 8 –14 April 1995 di Jakarta.

 

© 2006   Gunadarma University Computing Center